Minggu, 10 Januari 2010

Pemasaran UAS 2

DISTRIBUSI, promosi, saluran

Distribusi : proses perpindahan produk dr titik produksi ke titik pemakaian dan sebaliknya proses perpindahan uang dari konsumen pd produsen.

Saluran distribusi
Terdiri dr himpunan perusahaan dan perorangan yg melakukan fungsi dlm pemindahan dan pengalihan hak atas barang/ jasa dri produsen ke konsumen

3 (TIGA ) hal yg tercakup yaitu :
kelompok perusahaan dan perorangan, kegiatan fungsi yg dilaksanakan, arah pergerakan produksi dr produsen ke konsumen.

Perlunya perantara bagi produsen
1. Produsen mendapatkan keuntungan tertentu
2. Produsen kekurangan dana
3. Mengurangi pekerjaan perusahaan sehingga bisa mencapi efisiensi
4. Perantara pemasaran, mengubah bentuk supply yg heterogen menjadi berbagai barang yg diinginkan o/ masyarakat.

Fungsi saluran pemasaran
1. Penelitian, pengumpulan informasi u/ perencanaan dan kelancaran pertukaran.
2. Promosi, pengembangan dan penyebaran komunikasi yg persuasif mengenai pemasaran.
3. Kontak, mencari dan menajlin hub dg calon pembeli
4. Penyelarasan, mempertemukan penawaran sesuai dg permintaan.
5. Negosiasi, usaha u/ mencapi persetujuan akhir mengenai harga dan hal lain sehubungan penawaran.
6. Distribusi fisik, transportasi dan penyimpanan barang
7. Pembiayaan, permintaan dan penawaran dana u/ menutup biaya dari saluran pemasaran tsb
8. Pengambilan resiko, perkiraan resiko sehubugan dg pekerjaan saluran itu.


Faktor yg mempengaruhi pemilihan saluran
Pertimbangan pasar, pertimbangan produk, pertimbangan perusahaan, pertimbangan perantara.

Distribusi fisik : proses pemindahan brg scr fisik dr produsen sehinggan sampai ketangan konsumen.
Kegiatannya terdiri dari : penyimpanan, paletisasi dan pengemasan, pengangkutan

Tipe-tipe saluran
1. The phisycal flow , menggambarkan perjalanan produk secara fisik dr bahan mentah smp ke pelanggan terakhir
2. The title flow , menggambarkan perpindahan hak milik
3. The payment flow , menggambarkan arus pembayaran pelanggan
4. The informasion flow, menggambarkan arus pengaruh (adv, PS, SP, Pbl) yg terarah dr satu bagian ke bagian lain dlm sistem yg sama
5. The promotion flow, menggambarkan bentuk promosi yg digunakan

Penggolongan perantara berdasarkan barang yg diperdagangkan

1. pedagang

• pedagang besar : suatu unit usaha yg membeli dan menjual kembali brg kpd pengecer dan pedagang lain, lembaga dan pemakai komersial yg tidak menjual dlm volume yg sama pd konsumen terakhir
a. pedagang besar dg all service, mereka menjalankan semua fungsi pemasaran
b. pedagang besar dg fungsi terbatas, melaksanakan beberapa fungsi saja

• pengecer : lembaga yg melakukan aktivitas usaha menjual barng / jasa pd konsumen akhir u/ keperluan pribadi
Fungsi pemasaran : angkut, simpan, belanja, cari konsumen, promosi, packaging, beri info, adakan sortir
FAEDAH : waktu dan tempat

2. agent
• agen penunjang , scr aktif ikut dlm pemindahan brg, ex : makelar
jenis jenis : agen pembelian, penjualan, pengangkutan, penyimpanan, makelar
• agen pelengkap , hanya membantu kelencaran pemindahan, ex: bank

metode operasi RITEL
1. dg service penuh, peragaan, penerangan, pelayanan
2. swalayan
3. dg potongan (dr PB/ produsen), agar peritel dpt menetapkan harga seragam
4. dengan personal selling ( door to door)
5. penjualan tanpa toko : melalui pos, tlp, mesin otomatis

Komunikasi pemasaran : kegiatan yg dilakukan o/ pembeli dan penjual yg membantu mengarahkan pertukaran agar lebih memuaskan dg cara menyadarkan semua pihak u/ berbuat lbh baik
Promosi : arus informasi persuasi satu arah yg dibuat u/ mengarahkan seseorang atau organisasi pd tindakan yg menciptakan pertukaran dlm pemasaran.

Promotional mix
Kombinasi strategi paling baik dari variabel-variabel : periklanan, personel selling, dan alat promosi yg lain, yg kesemuanya direncanakan u/ mencapai tujuan program penjualan.

Penentuan promotional mix
Jumlah dana yg disediakan, sifat pasar, jenis produk, tahap2 PLC.


Kampanye
Suatu rangkaian usaha promosi yg terkoordinir ttg suatu tema atau ide dan direncanakan u/ mencapai tujuan yg telah ditentukan
Periklanan
Komunikasi non individu, dengan sejumlah biaya melaui berbagai media yg dilakukan o/ perusahaan, lembaga nonlaba, serta individu
Fungsi : menambah info utility pd penawaran produk, alat persuasi, alat menciptakan image, alat u/ memuaskan keinginan konsumen dan penjual.

Tujuan :
1. mendukung program personal sellling dan keg. Promosi yg lain
2. Mencapi orang-ygvtidak dapat dicapai oleh salesman dlm jangka tertentu
3. Mengadakan hub dg penyalur
4. Memasuki daerah pemasaran baru
5. Memperkenalkan produk baru
6. Menambah penjualan industri
7. Mencegah timbulnya barang tiruan
8. Memperbaiki reputasi perusahaan dg memberikan pelayanan umum melalui periklanan.

Pemilihan media advertensi
Faktor-faktor
Tujuan periklanan, sirkulasi media, keperluan berita, waktu dan lokasi membeli dibuat, biaya advertising, kerjasama dan bantuan promosi yg ditawarkan oleh media, karakteristik media, kebaikan dan keburukan media,.

Penilaian program periklanan
Inquiry test : test yg meminta tanggapan scr lgsung pd pendengar atau pembaca
Recognition test : tes dg meberikan gambaran pd segolongan individu tanpa menyebutkan nama atau merk perusahaan
Sales result test : tes yg dilakukan dg membandingkan penjualan dari dua kota secara fisik dpt dikatakan sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar