PEMASARAN
Product Mix : All product line yg dihasilkan o/ suatu perusahaan
Product line : Kumpulan Product item yg dihasilkan o/ perusahaan
Yg mempunyai ciri, karakter, dan tujuan penggunaan
Yg relatif sama ex: sepatu
SISTEM HARGA
Pengertian : Jumlah Uang yg dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dr barang beseta layanan nya
Pengaruh dan pentingnya harga
1.Dalam ekonomi : mempengaruhi tingkat upah, sewa, bunga dan laba atas
Pembayaran faktor” produksi (tenaga kerja, tanah, kapital
Dan kewiraswastaan)
2.Dalam Perusahaan : penentu permintaan pasar,posisi persaingan, market share
Pendapatan dan keuntungan, program pemasaran perusahaan
Perencanaan kualitas barang.
Tujuan penetapan harga
Mendapat laba max, mendapat pengembalian investasi yg ditargetkan dan pembelian bersih pd penjualan, mencegah atau mengurangi persaingan, mempertahankan atau memperbaiki market share
Reaksi konsumen
Barang harga tinggi biasanya dijadikan ukuran kuliatas, dianggap superior
Barang harga rendah dianggap inferior
Prosedur penentuan harga
1. mengestimasi permintaan barang :
• expected price, harga yg diharpkan diterima o/ konsumen (250,-; 300-; -300,-)
• mengestimasi volume penjualan pd berbagai tk. Harga
2. mengetahui lbh dulu reaksi dlm persaingan
sumber persaingan : brg sejenis dr perusahaan, brg pengganti, brg lain
3. menentukan market share
dipengaruhi oleh : kapasitas produksi yg ada, biaya ekspansi, mudahnya memasuki persaingan
4. memilih strategi harga u/ mencapi target pasar
• skim-the cream-pricing
• penetration pricing
5. mempertimbangkan pilitik pemasaran perusahaan dg melihat pd produk, sistem distribusi, dan program promosi. Selain itu perusahaan harus melihat produk lain yg dialnya.
Metode Dasar Penentuan harga
Harga didasarkan pd biaya
• Coast-plus pricing method : TC + margin = harga jual
• Mark up pricing method : harga beli + mark up = harga jual
Hubungan harga dg pasar
• Penetapan harga sm dg harga saingan : menguntungkan jika dipakai pd saat harga dalam persaingan tinggi.
• Penetapan harga dibawah harga saingan : dipakai oleh pengecer = harga rendah berarti volume penjualan tinngi., cocok juga u/ memasuki pasar baru, cocok u/ produk yg permintaannya elastis.
• Penetapan harga diatas harga saingan : cocok bagi perusahaan yg mempunyai reputasi penghasil produk prestise, konsumen mengutmakan kualitas dibandingkan harga.
Kebijaksanaan dan strategi harga
1. Potongan dan penghargaan (quantity, trade, cash, seasonal, allowances)
2. Penetapan harga geografis (FOB, uniform delivered pricing, zona dp, freiggt absorption pricing, basing point pricing)
3. Kebiksanaan satu harga dan harga yg variabel
• Satu harga u/ semua konsumen pd satu jenis produk
• Harga variabel u/ berbagai konsumen pd suatu jenis produk
4. Penetapan harga per unit : biasanya u/ perdagangan eceran dg ukuran pak yg berbeda
5. Penetapan harga pd beberapa macam barang : menyangkut jml product line yg ditawarkan)
6. Price lining : digunakan pengecer menentukan hrga dr semua produk yg dijualnya u/ memudahkan konsumen menentukan pilihan.
7. Memperthanakan harga penjualan : produsen melengkapi pengcer daftar harga u/ pedoman sehingga potongan yg diberikan pd pengecer mudah dihitung.
8. Menetapkan harga perkenalan : penetapan harga murah u/ sementara u/ menarik banyak pembeli
9. Garansi dan penurunan harga :Berupa jaminan bahwa harga produk tidak berubah sejak dipesan sampai dg diterima pembeli
10. Penetapan harga psikologis : pengecer menetapkan harga ganjil
Persaingan harga : perubahan harga o/ perusahaan , reaksi terhadap perubahan harga o/ pesaing
persaingan bukan harga : pembedaan produk, menitik beratkan pd jenis dan kualitas produk, lokasi penjualan, kupon berhadiah
Minggu, 10 Januari 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar